Hindari Perasaan Kesepian

Pernahkah bunda merasa kesepian? Kesepian dan kesendirian adalah dua hal yang berbeda. Kesepian lebih erat kaitannya dengan ketidakpuasan dalam hubungan, bukan dengan jumlah orang yang berada di sekitar kita. Perasaan kesepian merupakan faktor resiko yang menghubungkan seseorang dengan berbagai masalah kesehatan. Kesepian memicu perasaan tertekan dan depresi. Penelitian juga menyebutkan bahwa perasaan kesepian merupakan kontributor terbesar terhadap tingginya kematian penduduk di Amerika. Selain itu kesepian juga menjadi penyebab munculnya berbagai masalah kesehatan fisik dan mental.

Orang yang mengalami perasaan kesepian biasanya memiliki karakter sosial yang khas yang membuat mereka kesulitan dalam menjalin ataupun memelihara sebuah hubungan, seperti:

1. Melankolis, menyukai sesuatu yang berbau sedih dan seringkali terlihat murung

2. Memiliki tingkat kepercayaan diri yang rendah

3. Sangat pemalu, sehingga sulit bagi mereka untuk memperkenalkan diri, berpartisipasi dalam sebuah kelompok, berkumpul bersama, menikmati keramaian, atau bergabung dalam grup tertentu.

4. Kurang asertif. Kebanyakan orang yang kesepian merasa tidak mampu mengutarakan pendapatnya dan merasa dikontrol oleh orang lain.

5. Mereka menghabiskan sedikit waktu dengan orang orang yang dikenal dan lebih senang berada di tengah orang yang tidak mereka kenal.

Nah, disini dapat dipahami arti pentingnya kehadiran keluarga dan teman di sekitar kita. Keberadaan keluarga dan teman akan membantu membebaskan stress. Mereka yang memiliki banyak teman biasanya lebih kebal dan tahan banting menghadapi tekanan hidup, lebih santai dan tidak terlalu serius dalam menjalani hidup. Depresi pun akan menjauh dari anda.

Leave a Comment