4 Tips Untuk Membuat Profil Kredit Anda Bersinar

Sebagai konsumen, anda perlu belajar pentingnya membangun peringkat kredit yang baik kepada pemberi pinjaman. Apakah anda belanja untuk rumah baru, mobil atau mencari penawaran terbaik untuk asuransi, kelayakan kredit anda akan dinilai melalui skor kredit.

Sebuah sejarah kredit yang buruk atau kebiasaan buruk dalam kredit akan menempatkan, tanda “blacklist” pada profil kredit anda. Ini termasuk hal-hal seperti keterlambatan pembayaran, memiliki rekening yang ditugaskan ke lembaga penagihan dantentu saja sebuah kebangkrutan.

Anda perlu membangun kebiasaan kredit yang baik  karena peringkat kredit yang baik akan meningkatkan kelayakan kredit anda. Ini akan tercermin ketika  calon pemberi pinjaman menawarkan suku bunga jauh lebih rendah dan kesepakatan yang lebih baik pada penawaran kredit.

Berikut 4 tips untuk  membuat profil kredit anda bersinar :

1) Membayar Tagihan Anda Tepat Waktu

Pemberi pinjaman hanya memiliki sejarah pembayaran anda di masa lalu untuk menentukan jenis risiko kredit anda. Bagaimana anda melunasi hutang di masa sekarang akan menunjukkan kepada mereka bagaimana anda akan membayar hutang-hutang di masa depan.

2) Jangan Menggunakan Kartu Kredit Terlalu Banyak Atau Terlalu Sedikit.

Banyak pakar kredit dan perencana keuangan menyarankan 2 sampai 4 kartu kredit adalah komposisi yang tepat.

3) Membayar, Setidaknya Minimum Payment.

 

Selalu membayar  paling tidak pembayaran minimum tetapi jangan pernah kurang. Dan ingat dengan hanya melakukan pembayaran minimum berarti anda akan membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk melunasi kartu kredit.

Contoh: Melunasi pembayaran kredit sebesar Rp.20 Juta dengan bunga 18% dan melakukan pembayaran bulanan secara minimum 2% (Rp.400 Ribu atau kurang) akan membutuhkan waktu 30 tahun untuk melunasi jumlah hutang ditambah bunga.

4) Periksa Laporan Kredit Anda Secara Teratur.

Memantau laporan kredit secara teratur. Periksa profil kredit anda setidaknya setiap tahun. Periksa dengan cermat dan pastikan bahwa setiap kesalahan masa lalu atau perselisihan telah diperbaiki.

Juga jika anda melihat account yang terdaftar dan diketahui bahwa bukan anda yang membuka akun tersebut, hubungi kreditur dan biro kredit segera. Ini bisa menjadi tanda bahwa  identitas anda telah dicuri. Ajukan permintaan untuk memiliki sinyal penipuan pada profil dan rekening untuk melindungi diri sendiri dan kredit anda. Pencurian identitas adalah kejahatan konsumen yang paling cepat berkembang di Indonesia dengan 1 juta orang diperkirakan menjadi korban setiap tahunnya.

Memulai  kebiasaan kredit yang baik di kehidupan dan menuai keuntungan bahwa rating kredit yang baik akan memberikan anda keuntungan finansial dimasa depan.

Leave a Comment